MATERI SOSIOLOGI TENTANG LEMBAGA SOSIAL
Standar Kompetensi :1. Memahami lembaga
sosial
Kompetensi Dasar :
1.1 Menjelaskan hakikat lembaga sosial
1.2 Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial
1.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial.
Kompetensi Dasar :
1.1 Menjelaskan hakikat lembaga sosial
1.2 Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial
1.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial.
Materi lembaga sosial
Pengertian lembaga sosial
Menurut Hoarton dan Hunt, lembaga social
(institutation) bukanlah sebuah bangunan, bukan kumpulan dari sekelompok orang,
dan bukan sebuah organisasi. Lembaga (institutations) adalah
suatu system norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh
masyarakat dipandang penting atau secara formal, sekumpulan kebiasaan dan
tata kelakuan yang berkisar pada suatu kegiatan pokok manusia. Dengan kata lain Lembaga adalah
proses yang terstruktur (tersusun} untuk melaksanakan berbagai kegiatan
tertentu.
Pendapat para tokoh tentang Difinisi
Lembaga social :
1.
Menurut Koentjaraningkrat : Pranata social
adalah suatu system tatakelakuan dan hubungan yang berpusat kepada akatifitas
social untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan
masyarakat.
2.
menurut Leopold Von Weise dan Becker : Lembaga social adalah
jaringan proses hubungan antar manusia dan antar kelompok yang berfungsi
memelihara hubungan itu beserta pola-polanya yang sesuai dengan minat
kepentingan individu dan kelompoknya.
3.
Menurut Robert Mac Iver dan C.H. Page : Lembaga social adalah
prosedur atau tatacara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antar
manusia yang tergabung dalam suatu kelompok masyarakat.
4.
Menurut Soerjono Soekanto, Pranata social adalah
himpunana norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan
pokok dalam kehiduppan masyarakat.
Proses pertumbuhan lembaga social.
Timbulnya institusi social dapat terjadi
melalui 2 cara yaitu :
1.
secara tidak terncana
2.
secara terencana
Secara tidak terencana maksudnya adalah
institusi itu lahir secara bertahap dalam kehidupan masyarakat, biasanya hal
ini terjadi ketika masyarakat dihadapkan pada masalah atau hal-hal yang
berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidup yang sangat penting.
Contohnya adalah dalam kehidupan ekonomi , dimasa lalu , untuk memperoleh suatu
barang orang menggunakan system barter , namun karena dianggap sudah tidak
efisien dan menyulitkan , maka dibuatlah uang sebagai alat pembayaran yang
diakui masyarakat, hingga muncul lembaga ekonomi seperti bank dan sebagainya
Secara terencana maksudnya adalah institusi
muncul melalui suatu proses perncanaan yang matang yang diatur oleh seseorang
atau kelompok orang yang memiliki kekuasaan dan wewenang. Contohnya lembaga
transmigrasi yang dibuat oleh pemerintah sebagai cara untuk mengatasi permasalahan
kepadatan penduduk. Singkat kata bahwa proses terbentuknya lembaga
social berawal dari individu yang saling membutuhkan . Saling membutuhkan ini
berjalan dengan baik kemudian timbul aturan yang disebut norma
kemasyarakatan. Norma kemasyarakatan dapat berjalan baik apabila
terbentuk lembaga social.
Indipidu ---------- Saling membutuhkan
…………..Norma ………………….Lembaga social.
Untuk dapat membedakan kekuatan tingkatan
mengikat norma secara sosiologis dikenal empat macam norma :
1.
Cara (usage) . Norma ini menunjukan suatu bentuk perbuatan dan
mempunyai kekuatan sangat lemah. Cara (usage) lebih menonjol dalam hubungan
antar individu dalam masyarakat. Suatu penyimpangan terhadap norma ini tidak
akan mengakibatkan hukuman tetapi biasanya dapat celaan. Contoh cara
makan yang berisik, minim sambil bersuara dll.
2.
Kebiasaan folkways) menunjukan pada perbuatan yang diulang-ulang
dalam bentuk yang sama. Contoh orang yang mempunyai kebiasaan memberikan hormat
kepada orang yang lebih tua usianya dll.
3.
Adat istiadat (custom) Tata kelakuan yang telah berlangsung lama
dan terintegrasi secara kuat dengan pola perilaku masyrakat dapat meningkatkan
kekuatan normatifnya menjadi adat istiadat.
Tipe-tipe lembaga social
a. Berdasarkan sudut perkembangan
1. Cresive
institution yaitu istitusi yang tidak sengaja tumbuh dari adat istiadat
masyarakat.
Contoh institusi agama, pernikahan dan hak milik.
3.
Enacted institution yaitu institusi yang sengaja dibentuk untuk
mencapai suatu tujuan tertentu. Contohnya institusi pendidikan
b. Berdasarkan sudut nilai yang
diterima oleh masyarakat.
1. Basic institutions
yaitu institusi social yang dianggap penting untuk memlihara dan
mempertahankan tata tertib dalam masyarakat. Contohnya keluarga, sekolah,
Negara
dianggap sebagai institusi dasar yang pokok.
2. Subsidiary
institutions yaitu institusi social yang berkaitan dengan hal-hal yang dianggap
oleh masyarakat kurang penting dan berbeda di masing-masing masyarakat.
c. Berdasarkan sudut penerimaan
masyarakat .
1.
Approved atau social sanctioned institutions yaitu institusi social yang
diterima oleh
masayarakat misalnya sekolah atau perusahaan dagang.
2.
Unsanctioned institutions yaitu institusi yang ditolak masyarakat meskipun
masyarakat
tidak mampu memberantasnya. Contoh organisasi kejahatan.
d. Berdasarkan sudut penyebarannya.
1.
General institutions yaitu institusi yang dikenal oleh sebagian besar
masyarakat.
Contohnya institusi agama
2.
Restrikted institutions intitusi social yang hanya dikenal dan dianut oleh
sebagian kecil
masyarakat tertentu, contoh islam, protestan, katolik dan budha.
e. Berdasrkan sudut fungsinya
1.
Operative institutions yaitu institusi yang berfungsi menghimpun
pola-pola atau cara-
cara yang diperlukan dari masyarakat yang bersangkutan. Contoh institusi
ekonomi
2. Regulative institutions yaitu institusi yang bertujuan mengawasi adat
istiadat atau
tatakelakuan dalam masyarakat. Contoh institusi hukum dan politik seperti
pengadilan
dan kejaksaan.
Institusi Keluarga
Keluarga adalah unit social yang terkecil
dalam masyarakat. Dan juga institusi pertama yang dimasuki seorang manusia
ketika dilahirkan.
Proses terbentuknya Keluarga.
Pada umumnya keluarga terbentuk melalui
perkawinan yang sah menurut agama, adat atau pemerintah dengan proses seperti
dibawah ini :
1.
diawali dengan adnya interaksi antara pria dan wanita
2.
Interaksi dilakukan berulang-ulang, lalu menjadi hubungan social
yang lebih intim sehingga terjadi proses perkawinan.
3.
Setelah terjadi perkawinan, terbentuklah keturunan , kemudian
terbentuklah keluarga inti
Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana
hubungan antara lembaga keluarga dengan lembga agama ?
Tujuan Perkawinan.
1.
Untuk mendapatkan keturunan
2.
Untuk meningkat derajat dan status social baik pria maupun
wanita
3.
mendekatkan kembali hubungan kerabat yang sudah renggang
4.
Agar harta warisan tidak jatuh ke orang lain.
Fungsi keluarga
1.
Fungsi Reproduksi artinya dalam keluarga anak-anak merupakan
wujud dari cinta kasih dan tanggung jawab suami istri meneruskan keturunannya.
2.
Fungsi sosialisasi artinya bahwa keluarga berperan dalam
membentuk kepribadian anak agar sesuai dengan harapan orang tua dan
masyarakatnya. Keluarga sebagai wahana sosialisasi primer harus mampu
menerapakan nilai dan norma masyarakat melalui keteladanan orang tua.
3.
Fungsi afeksi artinya didalam keluarga diperlukan kehangatan
rasa kasih saying dan perhatian antar anggota keluarga yang merupakan
salah satu kebutuhan manusia sebagai makluk berpikir dan bermoral
(kebutuhan integratif) apabila anak kurang atau tidak mendapatkannya ,
kemungkinan ia sulit untuk dikendalikan nakal, bahkan dapat terjerumus dalam
kejahatan.
4.
Fungsi ekonomi artinya bahwa keluarga terutama orang tua
mempunyai kewajiban ekonomi seluaruh keluarganya . Ibu sebagai sekretaris suami
didalam keluarga harus mampu mengolah keuangan sehingga kebutuahan dalam rumah
tangganya dapat dicukupi.
5.
Fungsi pengawasan social artinya bahwa setiap anggota keluarga
pada dasarnya saling melakukan control atau pengawasan karena mereka memiliki
rasa tanggung jawab dalam menjaga nama baik keluarga .
6.
Fungsi proteksi (perlindungan) artinya fungsi perlindungan
sangat diperlukan keluarga terutma anak , sehigngga anak akan merasa aman hidup
ditengah-tengah keluarganya. Ia akan merasa terlindungi dari berbagai ancaman
fisik mapun mental yang dating dari dalam keluarga maupun dari luar
keluarganya.
7.
Fungsi pemberian status artinya bahwa melalui perkawinan
seseorang akan mendapatkan status atau kedudukan yang baru di masyarakat
yaitu suami atau istri. Secara otomatis mereka akan diperlakukan sebagai orang
yang telah dewasa dan mampu bertanggung jawab kepada diri, keluarga, anak-anak
dan masyarakatnya.
Peran dan fungsi lembaga pendidikan
1. Fungsi
manifest pendidikan
a. membantu
orang untuk mencari nafkah
b. menolong
mengembangkan potensinya demi pemenuhan kebutuhan hidupnya.
c. Melestarikan
kebudayaan dengan caramengajarkannya dari generasi kegenerasi berikutnya.
d. Merangsang
partisipasi demokrasi melalui pengajaran ketrampilan berbicara dan
mengembangkan cara berpikir rasional
e. Memperkaya
kehidupan dengan cara menciptakan kemungkainan untuk berkembangnya cakrawala
intelektual dan cinta rasa keindahan.
f. Meningkatkan
kemampuan menyesuaikan diri melalui bimbingan pribadi dan berbagai kursus
g. Meningkatkan
taraf kesehatan para pemuda bangsa melalui latihan dan olahraga.
h. Menciptakan
warga Negara yang patreotik melalui pelajaran yang menggambarkan kejayaan
bangsa.
i. Membentuk
kepribadian yaitu susunan unsur dan jiwa yang menentukan perbedaan tingkah laku
atau tindakan dari tiap-tiap individu.
2. Fungsi
laten lembaga pendidikan.
Fungsi ini berkaitan dengan fungsi lembaga
pendidikan secara tersembunyi yaitu menciptakan atau melahirkan kedewasaan
peserta didik.
Singkat kata bahwa fungsi pendidikan yang
berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifest) adalah :
1. mempersiapkan
anggota masyarakat untuk mencari nafkah
2. mengembangkan
bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentaingan masyarakat.
3. melestarikan
kebudayaan
4. menanamkan
ketrampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.
Sedangkan fungsi laten lembaga pendidikan
adalah :
1. mengurangi
pengendalian orang tua melalui pendidikan sekolah orang tua melimoahkan tugas
dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah
2. menyediakan
saranan untuk pembangkangan , Sekolah mempunyai potensi untuk menanamkan nilai
pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan
pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya
pendidikan seks dan sikap terbuka.
3. mempertahankan
system kelas social . Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan
kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise , privilese, dan
status yang ada dalam masyarakat.
4. memperpanjang
masa remaja . Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang
karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.
Tujuan dan funsi lembaga ekonomi
Pada hakekatnya tujuan yang hendak dicapai
oleh lembaga ekonomi adalah terpenuhinya kebutuhan pokok untuk kelangsungan
hidup masyarakat.
Fungsinya dari lembaga ekonomi adalah :
1.
memberi pedoman untuk mendapatkan bahan pangan
2.
memberikan pedoman untuk melakukan pertukaran barang/barter
3.
memberi pedomantentang harga jual beli barang
4.
memberi pedoman untuk menggunakan tenaga kerja
5.
memberikan pedoman tentang cara pengupahan
6.
memberikan pedomantentang cara pemutusan hubungan kerja
7.
memberi identitas bagi masyarakat.
Struktur lembaga ekonomi
Secara sederhana, lembaga ekonomi dapat
diklasifikasikan sb;
1.
sector agraris yang meliputi sector pertanian, seperti sawah,
perladangan, perikanan, dan pertenakan.(Gathering/pengumpulan) yaitu proses
pengumpulan barang atau sumberdaya alam dari lingkungannya.
2.
sector industri ditandai dengan kegiatan produksi
barang.(production)
3.
sector perdagangan merupakan aktifitas penyaluran barang
dari produsen ke konsumen {Distributing) yaitu proses pembagian barang dan
komonditas pada subsistem-subsistem lainnya.
Ada beberapa unsur lembaga ekonomi :
1.
Pola perilaku : efisiensi, penghematan, profesionalisme,
mencari keuntungan
2.
Budaya simbolis : merk dagang, hak paten, slogan , lagu
komersial
3.
Budaya manfaat : took, pabrik,pasar, kantor, balngko,
formulir.
4.
Kode spesialisasi : kontrak, lesensi, kontrak monopoli, akte perusahaan
5.
Ideologi : liberalisme, tanggungjawab ,manajerial, kebebasan
beryusaha, hak buruh.
Hard Rock Hotel & Casino Las Vegas - Mapyro
BalasHapusFind the best 김제 출장안마 prices on 논산 출장안마 Hard 천안 출장마사지 Rock Hotel & Casino Las Vegas in Las Vegas (Nevada), USA. Reviews, 여수 출장샵 photos 계룡 출장안마 and prices.